Tata Cara Sholat Taubat Lengkap Doa, Lafadz, Latin Dan Pengertiannya

Tata Cara Sholat Taubat – Sholat Taubat adalah kembalinya kita ke jalan dan ingin sunguh2 memperbaiki kesalahan yang pernah di buatnya, mensucikan dirinya dari dosa-dosa kecil ataupun dosa besar dan berjanji tidak akan kembali mengulangi kesalahannya.

Hukum dalam taubat itu sangat wajib, karna jika kita nanti meninggal dalam keadaan fasik / kafir dan belum sempet taubat di masa hidupnya, niscaya ia akan mendapatkan azab yang pedih.

Allah berfirman dalam surah An-Nisa’ : Ayat 1 yang berbunyi :

وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِ ۚ حَتّٰۤى اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ اِنِّيْ تُبْتُ الْــئٰنَ وَلَا الَّذِيْنَ يَمُوْتُوْنَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۗ اُولٰٓئِكَ اَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا اَ لِيْمًا

wa laisatit-taubatu lillaziina ya’maluunas-sayyi`aat, hattaaa izaa hadhoro ahadahumul-mautu qoola innii tubtul-aana wa lallaziina yamuutuuna wa hum kuffaar, ulaaa`ika a’tadnaa lahum ‘azaaban aliimaa “

Artinya: ”Dan tobat itu tidaklah (diterima Allah) dari mereka yang melakukan kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan, Saya benar-benar bertobat sekarang. Dan tidak (pula diterima tobat) dari orang-orang yang meninggal, sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan azab yang pedih.” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 1

 

Setiap manusia memiliki kesalahan, dan jika manusia sudah di beri hidayah maka pantasnya dia menjalankan sholat taubat, memohon ampunan pada sang pencipta dan meninggalkan dosa-dosa yang pernah dilakukan di masa lalu, agar taubat diterima allah swt.

Namun ada juga orang yang didirinya masih dipenuhi dengan sifat-sifat jeleknya, dan alangkah baiknya kalau di hatinya sudah mendapatkan hidayah maka tinggalkanlah semua sifat yang jelek2 dan kembalilah menuju tuntunan allah, sesungguhnya allah maha penerima taubat umatnya

Allah Berfirman :

فَتَلَقّٰۤى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

” fa talaqqooo aadamu mir robbihii kalimaatin fa taaba ‘alaiih, innahuu huwat-tawwaabur-rohiim ”

Artinya: “Kemudian, Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 37)

 

Sebelum melakukan Shalat Taubat Nasuha kalian bisa merenungkan dosa-dosa yang pernah dibuat di masa lalu, dan bersungguh-sungguh ingin meninggalkannya dan memperbaiki kesalahan yang pernah di buat.

Dan saat melakukan Sholat Taubat Nasuha kalian bisa meminta ampun kepada sang pencipta yaitu allah ta’alah dan memohon agar di hapuskan dosa-dosa di masa lalu. Dan mintalah petunjuk untuk kedepannya agar tidak kembali ke dalam lubang yang sama.

Sebelum menuju ke poin kita tentang bagaimana cara kita bertaubat dengan shalat taubat, baiknya kita mengetahui dulu ulasan di bawah ini .

Sholat Taubat, Pengertian Sholat Taubat

Pengertian Sholat Taubat Nasuha

Taubat Nasuha adalah kembalinya hati seseorang kedalam kebenaran disertai dengan kesungguhan ingin bertaubat yang didasari oleh allah ta’ala

Keinginan seseorang untuk bertaubat dan memohon ampun atas dosa-dosa yang pernah di perbuat sebelumnya.

Dan orang orang yang ingin bersungguh-sungguh bertaubat nasuha niscaya orang tersebut akan masuk ke surga.

Dan Apabila orang tersebut meninggal sebelum bertaubat, niscaya nerakalah tempatnya.

 

Dalil [Hadist] / Firman Allah Tentang Sholat Taubat Nasuha

Adapun firman allah yang banyak sekali di jabarkan dalam kitab Al-Qur’an sebagai berikut :

اِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللّٰهِ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السُّوْٓءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوْبُوْنَ مِنْ قَرِيْبٍ فَاُولٰٓئِكَ يَتُوْبُ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًا

” innamat-taubatu ‘alallohi lillaziina ya’maluunas-suuu`a bijahaalatin summa yatuubuuna ming qoriibin fa ulaaa`ika yatuubullohu ‘alaihim, wa kaanallohu ‘aliiman hakiimaa”

Artinya: “Sesungguhnya bertobat kepada Allah itu hanya (pantas) bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diterima Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 17)

 

Sungguh allah ta’ala menerima taubat umatnya meskipun melakukan kejahatanm beliau menjelaskan dalam surah  Al-Ma’idah 5: Ayat 39

فَمَنْ تَابَ مِنْۢ بَعْدِ ظُلْمِهٖ وَاَصْلَحَ فَاِنَّ اللّٰهَ يَتُوْبُ عَلَيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

‘ fa man taaba mim ba’di zhulmihii wa ashlaha fa innalloha yatuubu ‘alaiih, innalloha ghofuurur rohiim”

Artinya: “Tetapi barang siapa bertobat setelah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Ma’idah 5: Ayat 39)

 

Allah menjamin seseorang masuk surga jika bertaubat dengan bersungguh-sungguh

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْۤا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًا ۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَـكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ ۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَاۤ اَ تْمِمْ لَـنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَـنَا ۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

” yaaa ayyuhallaziina aamanuu tuubuuu ilallohi taubatan nashuuhaa, ‘asaa robbukum ay yukaffiro ‘angkum sayyi`aatikum wa yudkhilakum jannaatin tajrii min tahtihal-an-haaru yauma laa yukhzillaahun-nabiyya wallaziina aamanuu ma’ah, nuuruhum yas’aa baina aidiihim wa bi`aimaanihim yaquuluuna robbanaaa atmim lanaa nuuronaa waghfir lanaa, innaka ‘alaa kulli syai`ing qodiir ”

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim 66: Ayat 8)

 

Perbedaan Cara Sholat Taubat NU Dan Sholat Taubat Muhammadiyah apa ?

Perlu di garis bawahi, sebenernya tata cara sholat nya pun sama aja , hanya saja yang membedakan itu Nama majelisnya, tetep saja semua mengikuti sunnah nabi muhammad dan jangan keliru menanggapi hal ini hanya karna perbedaan antara NU dan muhammad diyah ataupun majelis lainnya.

baca juga : Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Taubat Sesuai Sunnah Lengkap

Dalam melaksanakan Sholat Taubat di perlukan hati yang bersih, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan / dosa2 yang di perbuat di masa lalu dan mau merubah semua dengan nasuha atau dengan niat yang tulus dari hati tanpa ada embel-embel yang sedang di inginkan, selain pengampunan.

Allah melihat hati seseorang, jika ia tulus insyaallah dosa-dosa akan di ampuninya dan apabila dia hanya bermain-main dalam melakukannya niscaya ia akan mendapatkan azab yang pedih.

 

Sholat Taubat, Niat

Niat

Niat adalah salah satu poin penting di kehidupan kita, jika tidak di awali dengan niat maka perjuangannya akan sia2.

Dengan niat apapun yang akan di jalankan akan selalu bersemangat untuk meraihnya, karna dari awal sudah di dasari dengan keniatan.

Begitupun dengan sholat, semua sholat di awali dengan niat yang sudah di anjurkan. dan maka baiknya kita mengikuti nya.

Dan adapun niat sholat taubat yang harus dibacakan yaitu sebagai berikut :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
” Ushalli sunnatat taubata rak’ataini lillahi ta’ala.”
Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

 

Waktu Sholat Taubat Yang Tepat

Tidak ada bedanya sholat sunnah taubat dengan sholat sunnah lainnya, dan itu sudah sesuai sunnah nabi muhammah,dan dapat dilakukan di siang ataupun malam hari.

Dan perlu di ingat bahwa ada larangan waktu sholat sunnah yaitu sebagai berikut :

  • Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
  • Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah
  • Dari saat matahari persis di tengah2 sampai condong.
  • Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari.
  • Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.

Adapun Hadist yang melarang kita untuk menunaikan sholat di waktu2 tertentu.

Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata

ثَلاَثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّىَ فِيهِنَّ أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ مَوْتَانَا حِينَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ وَحِينَ يَقُومُ قَائِمُ الظَّهِيرَةِ حَتَّى تَمِيلَ الشَّمْسُ وَحِينَ تَضَيَّفُ الشَّمْسُ لِلْغُرُوبِ حَتَّى تَغْرُبَ

Artinya : “Ada tiga waktu yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kami untuk shalat atau untuk menguburkan orang yang mati di antara kami yaitu: (1) ketika matahari terbit (menyembur) sampai meninggi, (2) ketika matahari di atas kepala hingga tergelincir ke barat, (3) ketika matahari  akan tenggelam hingga tenggelam sempurna.”  (HR. Muslim, no. 831)

Dan ada juga dari sahabat nabi yaitu Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu , bahbawasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ الْعَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ

Artinya : ”Tidak ada shalat setelah shalat Shubuh sampai matahari meninggi dan tidak ada shalat setelah shalat ‘Ashar sampai matahari tenggelam.” (HR. Bukhari, no. 586 dan Muslim, no. 827)

Namum di sini ada poin penting temen2, bahwasannya kita dapat melakukan sholat sunnah di waktu yang sudah di sebutkan di atas namun harus ada sebabnya, dan apabila dilakukan shalat sunnah mutlak atau tidak ada sebabnya maka tidak di perbolehkan.

Sholat Taubat Berapa Rokaat

Banyak yang bertanya , berapa banyak sih rakaat sholat taubat ?

Sholat sunnah taubat dengan sholat sunnah lainnya sama aja, yaitu memiliki 2 rokaat dan perlu di ingat baiknya apabila kita sudah mendapatkan hidayah dalam hati kita, maka segeralah menjalankannya.

Agar iman kalian cepet bertambah dan kembali pada jalannya yang mana jalan tersebut di atas kebenaran, bukan kesesatan.

Lalu ada juga yang bertanya apakah boleh sholat taubat setiap hari ?

Alangkah baiknya jika kita habis berbuat salah, langsung sholat taubat dan kerjakan satu kali saja, dengan khusyu , tertib, dan berdoa mengingat dosa-dosa yang pernah di perbuat, minta pengampunan yang didasari dari hati dan keiklasan.

Perlu di garis bawahi teman2 apabila sudah melakukan sholat taubat, jangan pernah melakukan hal yang bodoh lagi, hal yang melanggar perintah agama dan sunnah rasulnya.

 

Rukun / Syarat Sholat Taubat

Tidak ada bedanya rukun-rukun yang ada pada shalat lainnya, dari sholat sunnah maupun shalat wajib, hanya saja memiliki 2 rakaat saja.

1. Berdiri tegak, bagi yang mampu

2. Membaca niat dilanjutkan bersamaan dengan Takbiratul ihram ( Allahuakbar )

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah al-fatihah dan dilanjutkan lagi dengan membaca surat pendek

5. Ruku’ dan [thuma’ninah / tenang]

6. I’tidal dan [thuma’ninah / tenang]

7. Sujud dan [thuma’ninah / tenang]

8. Duduk di antara dua sujud dan [thuma’ninah / tenang]

9. Lalu Berdiri dan mengikuti langkah ke 4 – 8

10. Duduk tasyahud dan Tasyahud akhir dan dilanjutkan dengan membaca shalawat nabi[seperti shalat pada umumnya]

11. Terakhir SALAM

 

Untuk point 4 Ada baiknya jika rakaat pertama seusai membaca al-fatihah maka dilanjutkan dengan membaca surah al-khafirun dan untuk rakaat kedua seusai membaca al-fatihah baiknya membaca al-iklas.

Surat yang pendek dan pastinya mudah di pahami bagi kalian yang ingin menghafal, dan jika kalian ingin menghafal surah lainnya silahkan kesini : 12 ayat pendek al-qur’an

Dan apabila sudah SALAM, sebaiknya dilanjutkan dengan membaca istighfar sebanyak 100x

Baca Juga : Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi

Bacaan Doa Sholat Taubat

Adapun bacaan Doa Setelah Sholat taubat yaitu sebagai berikut :

Lafadz Doa Sholat Taubat :

اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلًا اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ
Latin Doa Sholat Taubat :
” Inni asaluka taufiiqa ahlil hudaa wa a’maala ahlit taubah wa ‘azma ahlis shabri wa jidda ahlil khasyyati wa thalaba ahlir raghbati wa ta’abbuda ahlil wara’i wa ‘irfaana ahlii ‘ilmi hatta akhaafaka. Allahumma inni asaluka makhaafatan tahjuzu ni ‘an ma’aashiika hatta a’mala bithaa’atika ‘amalan astahiqqu bihi ridhaaka hatta unashihaka fi taubati khaufan minka wa hatta akhlisha lakan’nashiihata hubban laka wa hatta atawakkala ‘alaika fal umuuri kulliha wa husna zhanaa bika subhana khaaliq nuurin.
Pengertian Doa Sholat Taubat :
Artinya:“Ya Allah bahwasanya hamba memohon kepada-Mu Taufiq (pertolongan) nya orang-orang yang menerima petunjuk (hidayah), dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan impian orang-orang yang tabah, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang arif sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Allah bahwasanya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak menerima ridha-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat alasannya ialah takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu alasannya ialah cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya”.
Begitulah Tata cara sholat taubat dan doa setelahnya, semoga di beri mugjizat setelah membaca doa sholat taubat di atas.
Jadi pelajari, bagi kalian yang ingin menunaikan shollah Taubat agar diberi ampunan oleh sang pencipta allah ta’ala.
Dan lalukanlah sholat dengan khusyu jangan tergesa-gesa agar sholatnya di terima.
Lalu bagaimana jika ada orang yang tidak mau bertaubat ?
Allah Berfirman dalam surah AL-BURUJ yang berbunyi :
اِنَّ الَّذِيْنَ فَتَـنُوا الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنٰتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوْبُوْا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيْقِ
” innallaziina fatanul-mu`miniina wal-mu`minaati summa lam yatuubuu fa lahum ‘azaabu jahannama wa lahum ‘azaabul-hariiq “
Artinya : Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan (bencana, membunuh, menyiksa) kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar.” (QS. Al-Buruj 85: Ayat 10)
Oke semoga kalian sadar dan di berihidayah oleh allah ta’alah agar menjadi seorang penganut agama yang benar dan baik.
Lalu di bawah ini saya akan menjelaskan tentang Keutamaan dan kelebihan, Manfaat dari sholat Taubat

Sholat Taubat Nasuha, Keutamaan Sholat taubat

Kelebihan , Manfaat ,Keutamaan Sholat Taubat Nasuha

Setelah Mempelajari tata cara sholat taubat di atas, alangkah baiknya kita memahami tentang kelebihan dan manfaat dan keutamaan setelah menjalani sholat taubat.

Sungguh Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang

اِلَّا الَّذِيْنَ تَابُوْا مِنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ وَاَصْلَحُوْا ۗ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

illallaziina taabuu mim ba’di zaalika wa ashlahuu, fa innalloha ghofuurur rohiim “

Artinya : kecuali orang-orang yang bertobat setelah itu, dan melakukan perbaikan, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 89)

Di Beri kenikmatan oleh allah ta’ala

هٰذَا مَا تُوْعَدُوْنَ لِكُلِّ اَوَّابٍ حَفِيْظٍ

” haazaa maa tuu’aduuna likulli awwaabin hafiizh “

Artinya : (Kepada mereka dikatakan), Inilah nikmat yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang senantiasa bertobat (kepada Allah) dan memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya).” (QS. Qaf 50: Ayat 32)

Malaikat pun ikut mendoakan untuk orang yang mau bertaubat dan beriman

اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ

allaziina yahmiluunal-‘arsya wa man haulahuu yusabbihuuna bihamdi robbihim wa yu`minuuna bihii wa yastaghfiruuna lillaziina aamanuu, robbanaa wasi’ta kulla syai`ir rohmataw wa ‘ilman faghfir lillaziina taabuu wattaba’uu sabiilaka wa qihim ‘azaabal-jahiim “

Artinya : (Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka.” (QS. Ghafir 40: Ayat 7)

Menjadi Orang Yang Beruntung Dan Selalu berada di sisi allah

فَاَمَّا مَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًـا فَعَسٰۤى اَنْ يَّكُوْنَ مِنَ الْمُفْلِحِيْنَ

fa ammaa man taaba wa aamana wa ‘amila shoolihan fa ‘asaaa ay yakuuna minal-muflihiin “

Artinya : Maka adapun orang yang bertobat dan beriman, serta mengerjakan kebajikan, maka mudah-mudahan dia termasuk orang yang beruntung.” (QS. Al-Qasas 28: Ayat 67)

Allah mengampuni dan memafaakan orang yang sudah berbuat zalim

اِلَّا مَنْ ظَلَمَ ثُمَّ بَدَّلَ حُسْنًۢا بَعْدَ سُوْٓءٍ فَاِنِّيْ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

” illaa man zholama summa baddala husnam ba’da suuu`in fa innii ghofuurur rohiim “

Artinya : Kecuali orang yang berlaku zalim yang kemudian mengubah (dirinya) dengan kebaikan setelah kejahatan (bertobat); maka sungguh, Aku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. An-Naml 27: Ayat 11)

 

Itulah rangkuman tentang sholat taubat nasuha,

Jadilah orang yang bisa berfikir jernih dan pelajari agama agar kelak kalian tidak tersesat di jalan setan.

Okeh segitu ya teman-teman, saya terima kasih telah mampir ke situs saya.

Dan maaf jika ada kekeliruan dalam tulisan, jika kalian menemukan kekeliruan itu, tolong commend ya.

TERIMA KASIH

Leave a Reply